Pro Kontra Aturan Batas Tinggi Bangunan di Bali Part 3

BALI AKAN SIRNA

Sungguh sangat disayangkan apabila undang-undang tentang bangunan di Bali harus dikaji ulang menjadi undang-undang baru yang membolehkan tinggi bangunan di Bali di atas 15 meter. Apa Bali mau dijadikan kota metropolitan dengan bangunannya yang menjulang tinggi seperti di kota-kota besar? Hal ini sama saja dengan merusak citra Bali secara perlahan namun pasti.

Kebijakan tersebut merupakan kebijakan yang sungguh menginjak-injak keajegan Bali. Tanah memang tersisa, namun makna tanah itu lama-kelamaan akan sirna. Yang akan menjadi perhatian adalah deretan bangunan mewah dengan daya pikatnya yang mematikan komponen ketradisionalan Bali, menyirnakan budaya Bali yang berlandaskan Tri Hita Karana.

Apabila desas-desus adanya undang-undang yang membolehkan bangunan dengan ketinggian di atas 15 meter diriilkan, citra Bali akan rusak. Bukankah Bali akan sama jadinya seperti negara-negara dengan panorama gedung bertingkat seperti Jepang? Akan sama dengan negara berkembang yang hampir di setiap kawasannya terdapat bangunan dengan tinggi di atas 15 meter. Bali akan dipenuhi dengan penuh sesak bangunan yang tinggi menjulang dan kemungkinan besar akan dikelola oleh investor asing. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, kita sama saja dengan menjual Bali kepada investor asing. Lama-kelamaan budaya Bali akan luntur dengan keberadaan bangunan menjulang tinggi hasil pengelolaan investor asing. Investor asing tak tahu pasti seluk-beluk budaya kita, bukan? Tentu ini berdampak Bali kehilangan citra di mata dunia karena budaya Bali tak akan dengan mudah dipakai oleh investor asing dalam pemutusan pembuatan bangunan menjulang tinggi.

Kita semuai harusnya mengambil tindakan tegas secara cepat dan tepat agar undang-undang tersebut tak cepat disahkan. Tindakan tegas itu bisa berupa protes langsung kepada pemerintah atau sebelumnya mengadakan suatu diskusi terbuka dengan pembuat undang-undang tersebut. Jika jalan tersebut tidak menemukan suatu titik temu, maka segenap komponen masyarakat yang cinta akan budaya Bali harus mengupayakan agar peraturan yang terlihat bijak namun menginjak budaya tersebut tidak direalisasikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: